Termasuk Trader Versi Manakah Anda?

OTODIDAK VS TUTORIAL (by Signal4ex)

Pada awal tahun lalu saya diajak oleh seorang teman dari Australia untuk berkunjung ke kantornya. Dia ingin memperlihatkan kelengkapan fasilitas analisa dan trading yang dimilikinya. Ruangan beliau terletak di belakang ruangan untuk berkumpul para trader.

Ruangan untuk para trader ini bisa menampung 100 orang lebih. Jadi bisa dibayangkan betapa riuh rendahnya suara, ada yang berbisik, tertawa, ada juga yang berteriak teriak histeris akibat melihat pergerakan harga. Semua emosi sangat tergambarkan di ruangan ini.

Hampir 10 menit mata kami berdua melihat tingkah laku para trader ini. Lalu teman saya ini bertanya pada saya, dari sekian banyak trader disini mana yang baru dan lama..? Seraya tersenyum saya menghitung dan menunjukkan kepada teman saya.

Ya begitulah ..jawab temanku setuju. Temanku ini juga paham sekali mana arti "baru" dan "lama" yang sesungguhnya. Trader yang "baru" kami sebut trader yang belajar secara otodidak, trader yang "lama" kami sebut trader "tutorial". Trader yang kami sebut "baru" ada yang
sudah 5 tahun lebih beredar, sedangkan trader "lama" ada yang baru satu tahun bergabung.

Kami mengelompokkan ciri-ciri trader bukan dari baru atau lamanya dia berkecimpung di dunia trading forex, akan tetapi dilihat dari bagaimana dia berperilaku selama aktifitas trading berlangsung. Ciri-ciri yang jelas dari trader yang otodidak adalah jarang sekali membuat Trading Plan. Trader yang tutorial sangat memperdulikan trading plan.

Lalu dilihat dari ciri-ciri berperilaku sangat mudah digambarkan :
1. Trader yang otodidak melihat harga bergerak dengan penuh khawatir, dan kalimat yang keluar biasanya seperti ini :
- Saya rasa harga akan naik..
- Saya rasa harga akan turun..
- Harga akan menuju ke titik ini..
- Jangan ditutup...nanti juga harga balik..
- Harga akan naik sampai....
- Harga akan turun sampai....
dan trader otodidak ini tidak melampirkan alasan-alasan yang menguatkan opininya tersebut. Biasanya tidak rela dan sangat menyanggah bila ada yg berlawanan dengan posisi transaksinya.

2. Trader yang tutorial melihat harga bergerak secara real, dan penuh
kepastian. Dan kalimat yang keluar biasanya seperti ini :
- Saya analisa dulu untuk releasenya...
- Harga dalam posisi seperti ini dan saya tunggu yang seperti ini
- Harga sudah masuk pola...
- Saya tidak akan masuk kalau tidak match...
- Saya akan melihat powernya hingga saya pasti untuk masuk....
dan trader tutorial ini akan memperlihatkan data-data pendukung yang akan menguatkan opininnya. Sangat berhati-hati dalam mengambil sikap..walau yang lain sudah masuk dalam transaksi yang berbeda atau sama.

Kedua ciri-ciri ini sangat dibutuhkan dalam dunia trading, hingga balance. Jadi dunia ini menjadi sangat beragam dan semarak. Yang di maksud otodidak ini adalah kemauan keras untuk belajar, menafsirkan dan mempelajari sendiri tampa bantuan seorang guru atau master ahli. Sedangkan tutorial adalah ingin memperdalam suatu yang baru dengan bantuan seorang ahli atau master yang mumpuni di bidangnya.

Tidak penting ciri-ciri anda bagaimana..yang penting adalah hasil akhirnya......

Comments :

0 komentar to “Termasuk Trader Versi Manakah Anda?”
 

Suport Kampanye Damai