Memahami Keinginan Pasar

Memahami Keinginan Pasar ? Mungkin saya ganti saja menjadi Apa yang bisa Pasar berikan kepada kita untuk dipelajari ? Secara teknis saya tidak menguraikan tentang fundamental atau teknikal, karena saya mengerti anda sudah bisa dan masih ada yang lebih bisa mengajarkan daripada saya.

Saya hanya menyampaikan 4 hal :

1. Memahami Keadaan Pasar.

Ketika saya mandi di air terjun yang dingin diatas Bukit Cilember, saya selalu berkonsentrasi dan mengeheningkan sejenak untuk mendengarkan suara-suara apa saja yang bisa saya dengar. Saya mendengar suara jatuhnya air terjun dan suara dedaunan yang tertiup angin. Lalu saya berkonsentrasi lagi ingin mendengarkan suara kicau burung...tetapi sampai selama itu saya belum bisa mendengarkannnya. Saya paksakan untuk lebih berkonsentrasi untuk mendengarkan suara burung, tetapi tetap tidak ada. Pada akhirnya saya diberikan suara burung tersebut.

Dari ilustrasi diatas, bila alam kita umpamakan market, maka ketika market menghendaki harga sedang naik..., anda akan merasakannya dan anda setuju untuk itu, tapi anda paksakan untuk merasakan harga turun.., bila pasar menyediakan untuk itu..bila tidak ?

Dari pemahaman ini anda harus membuat skenario yang dapat mengantisipasi keadaan market di segala waktu. Bila suatu ketika anda melakukan open buy...apakah anda juga siap kalau pasar memaksa anda untuk open sell ?. Disinilah peranan skenario tersebut (bisa disebut juga trading Plan). Kealpaan yang umum (bukan kesalahan) dari seorang trader adalah mereka tidak bisa mengantisipasi apabila market menghendaki lain.

Seorang manager sepakbola paham, bagaimana bila teamnya sudah unggul, maka dia akan mengganti satu atau dua orang pemain yang bertipe menyerang diganti dengan pemain yang bertipe bertahan. Rencana tersebut dilakukan untuk mengantisipasi serangan balik yang dilakukan pihak lawan dan tidak ingin posisi yg sudah unggul menjadi berbalik menjadi kekalahan.

Skenario disusun secara rapih, dan bisa mengantisipasi di segala keadaan apabila pasar menghendaki lain nantinya.
Sasaran utama dari pemahaman ini adalah agar trader selalu mempunyai rencana trading yang cukup jelas dan bisa menuturkan apa yang akan dilakukan dan apa saja tindakan bila pasar tiba-tiba menghendaki yang lain.

2. Memahami Pengulangan

Setiap minggu saya selalu ke rumah makan favorit saya yang ada di puncak. Dari waktu ke waktu saya selalu pesan menu kesukaan saya yaitu Udang Asam Manis.. Rasa makanan dari waktu ke waktu tetap sama tidak ada perubahan, walau saya lihat koki yang memasaknya berbeda. "Bagaimana bisa koki anda berbeda tapi bisa menyediakan makanan dengan cita rasa yang tidak berubah ?" Kami sudah punya standar resep yang baku..dan sudah menjadi ciri khas kami..Jawab Staf rumah makan itu..

Mungkin bukan saya saja yang memesan makanan masakan tersebut, tapi sudah banyak orang..dan semuanya bilang.rasa tetap enak..terjadi pengulangan untuk memesan makanan tetapi rasa tetap sama. Seperti halnya pasar yang memberikan semua pengulangan menguatkan atau melemahkan mata uang, maka seorang trader juga harus mempunyai standar resep yang sudah baku, dan bisa mengantisipasi akan pengulangan tersebut.

Malam hari, berganti siang, anda lapar akan kembali makan, anda haus juga akan minum, semuanya adalah berulang-ulang. Anda membuat resep yang sudah dibakukan (bisa disebut sistem trading), dan bisa membaca dari pengulangan-pengulangan tersebut. Bagaimana dengan hasil akhirnya ? Hasil akhir akan mengikuti resep yang anda buat...berakhir juga dengan pengulangan dapat profit atau dapat Loss ?

3. Memahami Kalkulasi.

Semua diukur dengan waktu, bermain sepak bola sudah disepakati dengan waktu 2 x 45 menit ditambah perpanjangan waktu dan adu pinalti bila ada. Kalau bermain sepak bola dengan waktu 8 jam ???
Pasar memberikan kebebasan waktu untuk melakukan trading, saya akan melakukan trading full 24 jam selama 3 hari...ya silahkan...tidak apa apa yang penting nanti hasil akhir diukur dengan waktu. Hasil diukur dengan waktu dan akan mendapatkan kepuasan tersendiri bagi kita. Saya trading 1 jam ini..kalau bagus saya bertahan dan tunggu besok, kalau hasil nya jelek saya akan tutup dalam 1 jam ini juga.. Good..dan memang harus begitu.
Jangan waktu trading merusak alur hidup anda sebagai manusia, jadi kurang tidur, tambah stress dan lain-lain. Ukurlah semuanya dengan waktu..dan anda menjadi tenang.

4. Memahami Emosi.

Pasar memberikan emosi kepada kita, gembira sedih atau biasa saja. Hanya saja bila dibawa berlebihan hasilnya akan menjadi buruk bagi kita. Teralu bergembira menjadi over confidence dan bisa saja tidak mau menerima apabila terjadi suatu kesalahan. Dan terlalu bersedih juga menjadikan kurang percaya diri, dan menjadi malas untuk kembali belajar dari kesalahan. Sedang sedang saja, dan tidak berlebihan. Hiduplah dengan teratur, sehingga terjaga emosi anda.


Demikian yang bisa saya uraikan untuk modul pelatihan ke 2 ini. Bila ada yang kurang jelas untuk pemahaman ini bisa ditanyakan dalam sesi tanya jawab jam 19.00 nanti malam..

Comments :

0 komentar to “Memahami Keinginan Pasar”
 

Suport Kampanye Damai